Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Model Kancing Gemerincing dan Media Poster pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Dian Rahmawati, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


ABSTRAK: tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan : (1) proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo. (2) aktivitas dan motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo dalam pembelajaran menulis puisi setelah menggunakan model kancing gemerincing dan media poster. (3) peningkatan menulis puisi menggunakan model kancing gemerincing dan media poster pada siswa kelas VII E SMP Negeri 36 Purworejo. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik tes, dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah tenik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan model kancing gemerincing dan media poster pada siswa kelas VII E SMP Negeri 36 Purworejo dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu (a) guru menyampaikan materi yang dipelajari yaitu tentang menulis puisi; (b) guru menjelaskan langkah-langkah menulis puisi; (c) guru memberikan contoh puisi; (d) guru membagikan media poster untuk dicermati siswa; (e) guru menjelaskan model pembelajaran kancing gemerincing yang akan digunakan; (f) guru menghimbau siswa menulis puisi sesuai poster yang diamati dengan model kancing gemerincing; (g) guru menghimbau siswa menulis puisi dengan bahasa sendiri; (2) peningkatan kualitas menulis puisi dapat dikategorikan baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya aspek-aspek yang selalu di[erhatikan oleh peneliti dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II; (3) peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata menulis puisi masih dibawah KKM yaitu 61,13. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,52. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 81,77. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi dengan baik sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yakni dengan nilai 75.

Kata Kunci: menulis puisi, media poster, model kancing gemerincing.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.