PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS CERITA PENDEK DENGAN METODE PENEMUAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK WIDYA KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nala Putra Yudha, Bagiya Bagiya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menganalisis cerpen dengan metode penemuan pada peserta didik kelas XI SMK Widya Kutoarjo; (2) motivasi peserta didik kelas XI SMK Widya Kutoarjo dalam pembelajaran menganalisis cerpen dengan metode penemuan; (3) peningkatan kemampuan menganalisis cerpen peserta didik kelas XI SMK Widya Kutoarjo setelah memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan. Dari hasil penelitian ini, dapat penulis simpulkan: (1) proses pembelajaran analisis teks cerpen meliputi guru memberikan materi analisis teks cerpen dengan metode penemuan disertai contohnya, guru dan siswa melakukan Tanya jawab, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menganalisis teks cerpen yang telah ditentukan, siswa menganalisis teks cerpen, siswa dituntun untuk menganalisis teks cerpen dengan memperhatikan struktur teks cerpen, kaidah kebahasaan cerpen, dan isi teks cerpen, siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya, dan guru mengevaluasi hasil yang ditulis oleh siswa; (2) perubahan perilaku siswa kearah positif dilihat dari hasil pengamatan pada aspek keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru memperoleh hasil prasiklus 34,28%, siklus I menjadi 52.63%, dan siklus II menjadi 71.63%, aspek keaktifan siswa bertanya saat pembelajaran berlangsung, diperoleh hasil pada prasiklus 42.85%, siklus I menjadi 44.73%, dan siklus II menjadi 50%, dan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas juga mengalami peningkatan dari prasiklus yang mencapai 57.14% meningkat pada siklus I menjadi 71.05% dan pada siklus II menjadi 78.94%; (3) peningkatan kemampuan siswa tersebut dilihat dari hasil rata-rata siswa pada setiap tindakannya. Pada prasiklus mencapai nilai rata-rata 37.13 atau masih dalam kategori kurang. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 69,74 dan pada siklus II sebesar 75. Dengan demikian, terjadi peningkatan kemampuan siswa sebesar 32.61 atau 88.4% dari prasiklus kesiklus I, 37.87 atau 99.65% dari prasiklus ke siklus II, dan 5.26 atau 13.84% dari siklus I kesiklus II. Peningkatan kemampuan itu terjadi secara signifikan.
Kata kunci: menganalisis cerpen, metode penemuan

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.