PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE KUANTUM PADA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Halimah Sa’diyah, Bagiya Bagiya

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan: penerapan metode kuantum, pengaruh sikap dan minat siswa, serta peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Kutowinangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas perencanaann, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi atau tes angket, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif, yaitu analisis proses dan analisis data produk. Teknik penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan metode kuantum dalam pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi tandur meliputi tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. (2) Penggunaan metode kuantum dapat meningkatkan minat dan sikap siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi, terlihat sikap siswa pada siklus I sebesar 18,75%, sedangkan minat siswa pada siklus I sebesar 34,31%. Peningkatan terjadi pada sikap siswa pada siklus II menjadi 65,62% dan minat siswa meningkat menjadi 87,50%. (3) Hasil nilai rata-rata pada prasiklus 41,22 dan pada siklus I nilai meningkat menjadi 43,56, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,41.
Kata kunci: Menulis cerpen, metode kuantum

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.