PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DENAH DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VIII C MTs MA’ARIF 1 GARUNG, WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015

Evi Azzafira Honesty, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) penerapan pembelajaran mendeskripsikan denah pada siswa kelas VIII C MTs Ma’arif Garung, Wonosobo tahun ajaran 2014/ 2015 dengan metode field trip, (2) pengaruh penggunaan metode field trip terhadap sikap dan minat siswa kelas VIII C MTs Ma’arif Garung, Wonosobo tahun ajaran 2014/ 2015 dalam pembelajaran mendeskripsikan denah, (3) peningkatan kemampuan mendeskripsikan denah pada siswa kelas VIII C MTs Ma’arif Garung, Wonosobo tahun ajaran 2014/2015 setelah diadakan pembelajaran dengan metode field trip. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan, teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data yang digunakan, teknik penyajian hasil analisis data informal.Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran mendeskripsikan denah dengan metode field trip dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus 1, peneliti mengajak siswa untuk melakukan kegiatan karya wisata dengan mengunjungi wilayah sekitar alun-alun Wonosobo.Pada siklus II, peneliti membagi siswa menjadi beberapa kelompok dalam pelaksanan pembelajaran mendeskripsikan denah dengan metodefield trip; (2) metode field trip mempengaruhi sikap dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penilaian diperoleh kesiapan dalam mengikuti pembelajaran, respon siswa pada saat apersepsi, keseriusan mengamati objek yang akan dideskripsikan pada saat field trip, siswa menunjukkan sikap yang baik, tidak membuat gaduh dan tidak mengganggu teman, dan siswa mengerjakan tugas mendeskripsikan denah dengan serius dan tekun; (3) peningkatan kemampuan mendeskripsikan denah dengan metode field trip dapat dilihat dari hasil tes siswa dari prasiklus hingga siklus II. Pada praskilus diperoleh nilai rata-rata sebesar 53 meningkat menjadi 69,6 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,3 pada siklus II.
Kata Kunci: keterampilan mendeskripsikan denah, metode field trip.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.