PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE KLOS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014

Nurul Aprilia, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan metode klos pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Purworejo tahun pembelajaran 2013/2014; (2) pengaruh penggunaan metode klos terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Purworejo dalam pembelajaran membaca pemahaman tahun pembelajaran 2013/2014; (3) peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Purworejo tahun pembelajaraan 2013/2014 setelah menggunakan metode klos.
Data yang diperoleh berupa penerapan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan metode klos dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode klos. Datadata dalam penelitian ini diuji validitasnya dengan beberapa teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dalam penyajian data digunakan teknik penyajian informal. Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus rendah dengan rerata 60,71, pada siklus I menjadi cukup yaitu 75,35, dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan rerata 80,25. Peningkatan dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam membaca pada tahap prasiklus dengan rerata tes 68,17. Pada siklus I meningkat menjadi 76,29, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,15. Dari hasil tes tersebut terlihat bahwa pembelajaran membaca pemahaman menggunakan metode klos terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami sebuah wacana.
Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Metode Klos.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.