UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF DAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS XI MAN GOMBONG TAHUN AJARAN 2013/2014

Wahyu Detriantoro, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran keterampilan menulis naskah drama dengan strategi pembelajaran kreatif-produktif dan penggunaan media audio-visual pada siswa kelas XI MAN Gombong, mendeskripsikan pengaruh penggunaannya terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang disajikan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran yang diterapkan mampu membuat pembelajaran menjadi lebih baik, (2) mampu meningkatkan sikap dan minat siswa; (3) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama. Peningkatan dapat dilihat dari hasil yang dicapai siswa dengan rata-rata tes prasiklus 59,46 meningkat menjadi 69,84, dan pada siklus II menjadi 78,38.
kata kunci : menulis naskah drama, strategi kreatif-produktif dan media audio-visual

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.