PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAPURAN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi melalui Teknik Modeling dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VIIG SMP Negeri I Sapuran Wonosobo Tahun ajaran 2013/2014. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Sapuran Wonosobo, (2) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Sapuran Wonosobo
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP Negri I Sapuran Wonosobo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis pengalaman pribadi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes, observasi, angket, dan dokumentasi foto. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Dalam teknik penyajian data digunakan teknik informal. Validitas data yang
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya presentase keantusiasan siswa disetiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang antusias mengikuti pembelajaran sebesar 25,8%, pada siklus I menjadi 45,1%, pada siklus II meningkat menjadi 80,6%, (2) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan nilai pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa. Pada prasiklus diperoleh rata-rata 58,38 tergolong rendah, pada siklus I diperoleh rata-rata 71,90 tergolong baik, dan pada siklus II diperoleh rerata 81,70 tergolong sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIIG SMP Negeri I Sapuran Wonosobo Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata kunci : keterampilan menulis pengalaman pribadi, teknik modeling dengan pendekatan kontekstual
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Sapuran Wonosobo, (2) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Sapuran Wonosobo
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP Negri I Sapuran Wonosobo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis pengalaman pribadi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes, observasi, angket, dan dokumentasi foto. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Dalam teknik penyajian data digunakan teknik informal. Validitas data yang
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya presentase keantusiasan siswa disetiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang antusias mengikuti pembelajaran sebesar 25,8%, pada siklus I menjadi 45,1%, pada siklus II meningkat menjadi 80,6%, (2) penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan nilai pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa. Pada prasiklus diperoleh rata-rata 58,38 tergolong rendah, pada siklus I diperoleh rata-rata 71,90 tergolong baik, dan pada siklus II diperoleh rerata 81,70 tergolong sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIIG SMP Negeri I Sapuran Wonosobo Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata kunci : keterampilan menulis pengalaman pribadi, teknik modeling dengan pendekatan kontekstual
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.