ANALISIS DEIKSIS NOVEL BILA CINTA MENCARI CAHAYA KARYA HARRI ASH SHIDDIQIE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk deiksis pada novel Bila Cinta Karya Harri Ash Shiddiqie dan (2) mendeskripsikan skenario pembelelajaran deiksis yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Bentuk-bentuk deiksis yang digunakan dalam novel Bila Cinta Mencari karya Harri Ash Shiddiqie terdiri dari: (1) deiksis persona berupa kata saya, kami, mereka, ia, dia, dan -nya; (2) deiksis tempat berupa Cicamara, pabrik, kantor, masjid, rumah, dan kebun; (3) deiksis waktu berupa sepuluh tahun lalu, sebulan yang lalu, tahun depan, hari ini, dan pagi ini; (4) deiksis anafora berupa ini dan itu; dan (5) deiksis katafora berupa seperti, adalah, yaitu, meliputi, yakni ,dan terdiri atas. Pembelajaran deiksis yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran menulis narasi dilakukan dengan mengombinasikan tiga metode pembelajaran, yaitu: metode ceramah, metode problem solving, dan penugasan.
Kata Kunci: deiksis, novel bila cinta mencari cahaya, skenario pembelajaran
Kata Kunci: deiksis, novel bila cinta mencari cahaya, skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.