PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Trio Marta, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran diskusi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014; (2) pengaruh penggunaan metode Jigsaw terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam berdiskusi; (3) peningkatan keterampilan diskusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014, setelah menerima pembelajaran menggunakan metode Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus satu dan siklus dua. Sebelum pelaksanaan siklus, penulis terlebih dahulu melaksanakan tahap prasiklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil tes diskusi siswa menggunakan rata-rata dan persen. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi foto. Dalam penyajian hasil analisis, penulis menggunakan teknik informal. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan (1) penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran diskusi pada siklus I dan siklus II, dengan proses pembelajaran meliputi, (a) membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan judul cerpen; (b) dalam kelompok siswa mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen (tema, alur, latar, penokohan, dan amanat) dan mencatat hasil diskusi kelompok; (c) perwakilan kelompok menceritakan kembali isi cerpen yang telah di depan kelas dengan bahasa sendiri, (2) pengaruh penggunaan metode Jigsaw dalam pembelajaran diskusi dapat meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa. Hasil penilaian yang diperoleh dari lembar observasi diketahui bahwa aktivitas, keaktifan, dan fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus cukup, sedangkan pada siklus I menjadi baik, dan siklus II menjadi baik sekali, (3) pembelajaran diskusi menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam diskusi. Kemampuan siswa dalam pembelajaran diskusi dapat dilihat dari hasil rata-rata pada prasiklus sebesar 64,36, pada siklus I sebesar 72,00, dan pada siklus II sebesar 79,16. Peningkatan pembelajaran siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 1,92 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,78. Dengan demikian, hasil peningkatan pembelajaran siswa dari prasiklus hingga siklus II terjadi secara signifikan.
Kata Kunci : Keterampilan Diskusi, Metode Jigsaw

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.