ANALISIS DEIKSIS DALAM TAJUK RENCANA HARIAN KOMPAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS X

Isnani Isnani, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk deiksis da-lam tajuk rencana harian Kompas tahun 2012; (2) distribusi deiksis dalam tajuk rencana harian Kompas tahun 2012; dan (3) relevansi penggunaan deiksis dalam tajuk rencana harian Kompas dengan Pembelajaran Menulis di SMA kelas X. Sampel dalam penelitian ini adalah dua ratus sembilan kalimat yang mengandung deiksis dalam 33 tajuk rencana harian Kompas edisi Oktober-Desember tahun 2012. Dalam pengambilan sampel, pene-liti menggunakan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah meto-de agih dengan teknik ganti. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik penya-jian informal. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) bentuk-bentuk deik-sis dalam tajuk rencana harian Kompas tahun 2012 edisi Oktober-Desember dibagi men-jadi dua, yaitu deiksis eksofora yang terdiri dari deiksis persona, deiksis tempat, dan de-iksis waktu, serta deiksis endofora yang terdiri dari deiksis anafora dan katafora, (2) dis-tribusi deiksis pada bagian awal kalimat memiliki presentase sebesar 20,9%, deiksis yang berada di tengah kalimat memiliki presentase sebesar 64,1%, sedangkan presentase un-tuk deiksis pada akhir kalimat sebesar 14,0 %, (3) relevansi pembelajaran deiksis dengan materi menulis paragraf di kelas X SMA mencakup tujuan pembelajaran, materi pembe-lajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, sumber belajar, waktu pembelajaran dan penilaian dalam penggunaan deiksis pada kompetensi dasar menulis paragraf argumentatif.
Kata Kunci: deiksis, tajuk rencana harian kompas, pembelajaran menulis

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.