STRUKTUR DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRGANTORO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro; (2) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro; dan (3) Relevansi novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik simak dan catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dibantu kartu pencacat data, bolpoin, pensil dan buku-buku yang relevan yang mendukung sebagai acuan. Teknik analisis data menggunakan “content analysis” atau analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro terdiri dari: (a) tema dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro adalah persahabatan, (b) Tokoh utama Arial memiliki karakter sederhana, menarik, periang, tenang, murah senyum, kurang perhatian dan tidak sombong; tokoh tambahannya yaitu Riani memiliki karakter cerdas, pandai, berkarisma, sederhana dan pandai; Zafran memiliki karakter pandai, tidak berpendirian, jujur dan kocak; Ian memiliki karakter suka tantangan, penggila bola, suka film porno, suka makan; Genta memiliki karakter baik, berjiwa pemimpin, berjiwa sosial, cerdas dan pandai. (c) Alur yang digunakan adalah alur maju.(d) Latar yang terdapat dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro: latar tempat meliputi: rumah Arial, Jakarta, Bogor, SMA, Cirebon, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan Puncak Mahameru; latar waktu terjadi tahun 1998 sampai dengan 2012 ketika zaman reformasi; dan latar sosial terjadi pada masyarakat modern yang telah terpengaruh oleh budaya konsumerisme dan budaya Individualitas, karena interaksi dengan masyarakat yang kurang. (e) Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga “dia” serba tahu. (2) nilai-nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan sosial meliputi keadilan, toleransi, tolong menolong, demokratis dan menghormati orang tua; nilai pendidikan moral meliputi tanggung jawab, jujur, bijaksana, disiplin, sabar, pekerja keras; pendidikan religius meliputi bersyukur, percaya adanya Tuhan, dan berdoa; nilai pendidikan estetika meliputi memberikan gagasan, mendidik, mengajak, menyampaikan pesan, dan memahami orang lain. (3) Relevansi novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA pada standar kompetensi menyimak dan pada kompetensi dasar membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja masih sangat relevan. Dengan melihat kenyataan dan keadaan tentang kegunaan serta manfaat keempat nilai pendidikan yang terdapat dalam novel untuk pembentukan sikap dan karakter anak didik di SMA.
Kata Kunci : nilai pendidikan, novel 5 Cm, relevansi pembelajaran sastra
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.