KAJIAN INTERTEKSTUAL ANTARA NOVEL DAN FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
Abstrak: Tujuan skripsi ini adalah mendeskripsikan hipogram dan teks transformasi novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais, persamaan dan perbedaan unsur intrinsik dan ekstrinsik nilai akidah antara novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais, skenario pembelajaran di kelas XII SMA tentang perbandingan karya fiksi novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Instrumen penelitian adalah peneliti, alat tulis dan kartu pencatat. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi, dan dalam penyajian hasil analisis peneliti menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais merupakan hipogram dari film Bulan Terbelah di Langit Amerika sutradara Hanum Salsabiela Rais dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika merupakan transformasinya, (2) persamaan unsur intrinsik novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika terdapat pada tema (perjuangan membela agama Islam), penokohan tokoh utama, alur, dan latar, sedangkan perbedaan dalam novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika terletak pada tema, penokohan tokoh tambahan dan antagonis, dan latar, (3) persamaan unsur ekstrinsik novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika terdapat pada iman kepada Allah, dan iman kepada Nabi dan Rasul, sedangkan perbedaan unsur ekstrinsik terletak pada iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah, iman kepada Nabi dan Rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qada dan qadar, (3) skenario pembelajaran novel dan film Bulan Terbelah di Langit Amerika dapat dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Dengan menggunakan model pembelajaran tersebut, siswa dapat mempelajari materi pelajaran dengan berkelompok dan menyenangkan.
Kata Kunci: Intertekstual, novel, film, skenario pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.