ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Diah Indri Astuti, Sukirno Sukirno, Bagiya Bagiya

Abstract


 

ABSTRAK: tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Tentang Kamu karya Tere Liye, (2) aspek sosiologi satra novel Tentang Kamu karya Tere Liye, dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa unsur intrinsik novel Tentang Kamu karya Tere Liye mencakup enam aspek, yaitu: (a) tema: teka-teki untuk mencari ahli waris (b) tokoh utama: Sri Ningsih,tokoh tambahan: Zaman Zulkarnaen, Rajendra Khan, Aimee, Nusi Maratta, Guru Bajang, Tilamuta, Sarwo, Pak Kiai Wahid, Nur’aini, Chaterine, Lucy, Hakan, Ibu Rajendra Khan, dan Ode; (c) latar tempat: London, Paris, Surakarta, Pulau Bungin, dan Jakarta, latar waktu: pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari, latar sosial: nelayan; (d) alur: campuran; (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu, (f) amanat: berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk meraih impian. Aspek sosiologi sastra novel Tentang Kamu mencakup lima aspek yaitu: (a) kekerabatan mencakup: kekerabatan Sri di Paris, kekerabatan Sri di Pulau Bungin, kekerabatan Sri di London, kekerabatan Sri di Jakarta, dan kekerabatan Sri di Surakarta; (b) pendidikan mencakup: pendidikan formal dan nonformal; (c) moralitas: patuh terhadap orang tua, suka menolong orang lain, dan mempunyai sifat dapat dipercaya; (d) cinta kasih mencakup: mencintai suami, menyayangi orang tua dan adik tiri, dan sayang kepada para sahabat; (e) perekonomian: perekonomian Sri yang menengah kebawah. Rencana pelaksanaan pembelajaran KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan novel Tentang Kamu menggunakan model think-pair-share dengan langkah-langkah (a) think: siswa membaca novel dan soal yang berhubungan dengan materi unsur intrinsik dan aspek sosiologi sastra dalam novel; (b) pair: siswa diminta untuk berpasangan dan mendiskusikan hasil penelitiannya mengenai aspek sosiologi sastra; (c) share: setiap perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya.

 

Kata kunci: sosiologi sastra, novel, dan rencana pelaksanaan pembelajaran.

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.