PENERAPAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM FILM ADA SURGA DI RUMAHMU SUTRADARA ADITYA GUMAY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMK

Anik Arifah, Mohammad Fakhrudin, Umi Faizah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan prinsip-prinsip kesantunan dalam bernegosiasi yang terdapat pada film Ada Surga di Rumahmu dan (2) skenario pembelajaran teks negosiasi dengan media film Ada Surga di Rumahmu di kelas X SMK. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Objek penelitian ini adalah penerapan prinsip-prinsip kesantunan menurut Leech dalam bernegosiasi pada film yang berjudul Ada Surga di Rumahmu.Sumber data penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang terdapat dalam film Ada Surga di Rumahmu karya Aditya Gumay. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat.Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dengan kartu pencatat data.Analisis data dilakukan dengan metode padan pragmatik.Hasil analisis data disajikan dengan teknik penyajian informal. Hasil dari penelitian ini terdiri dari dua simpulan, meliputi (1) tuturan-tuturan yang berupa penerapan prinsip kesantunan dalam film Ada Surga di Rumahmu ditinjau dari 3 skala kesantunan berada pada tingkatan yang bervariasi antara tingkatan kesatu hingga keempat, tetapi lebih banyak pada tingkatan ketiga sehingga tuturan-tuturan tersebut termasuk tuturan yang santun; dan (2) skenario pembelajaran teks negosiasi dengan media film Ada Surga di Rumahmu meliputi (a) peserta didik menyimak penjelasan dari guru mengenai materi struktur teks negosiasi, kaidah kebahasaan teks negosiasi, dan interpretasi makna teks negosiasi; (b) peserta didik mengamati film Ada Surga di Rumahmu dengan beberapa adegan negosiasi; (c) peserta didik menganalisis dan mendiskusikan struktur teks, kaidah kebahasaan teks negosiasi, dan makna dari kegiatan negosiasi pada adegan tertentu yang terdapat dalam film Ada Surga di Rumahmu; (d) peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain menanggapi dengan santun; (e) peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran dan evaluasi; dan (f) peserta didik menyimak penguatan materi dari guru.

Kata kunci: prinsip kesantunan, teks negosiasi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.