KAJIAN FEMINISME TOKOH UTAMA PADA NOVEL SEKUNTUM LAILA KARYA RISMA BUDIYANI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Nysha Agustyanti, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan struktur novel Sekuntum Laila karya Risma Budiyani, (2) kajian feminisme tokoh utama dalam novel Sekuntum Laila karya Risma Budiyani, (3) skenario pembelajaran kajian feminisme tokoh utama pada novel Sekuntum Laila karya Risma Budiyani dalam pembelajaran di SMA. Fokus penelitian ini adalah citra tokoh wanita, perjuangan tokoh utama dan pertukaran gender. Instrumen yang digunakan penulis adalah alat catat, kartu data dan rencana pelaksanaan pembelajaran.Hasil penelitian disimpulkan bahwa, unsur intrinsik yang terdapat pada novel Sekuntum Laila karya Risma Budiyani antara lain, (a) tema: ketegaran seorang perempuan dan kesetiaan terhadap kariernya (b) penokohan dibagi menjadi dua yaitu tokoh utama Laila dan tokoh tambahan adalah Ali,Ibu, dan Mbok Nah, (c) alur: alur campuran (d) latar tempat:  kantor, restoran, dan rumah sakit; latar waktu: malam, jam, dan bulan; latar sosial: kebiasaan hidup ,dan cara berpikir (e) sudut pandang yang digunakan adalah diaan. Feminisme tokoh utama pada novel Sekuntum Laila karya Risma Budiyani meliputi, citra tokoh wanita, perjuangan tokoh utama dan pertukaran gender. (a) citra tokoh wanita antara lain citra wanita dalam aspek fisik, psikis, dan sosial, (b) perjuangan tokoh utama antara lain beban kerja semakin banyak, menjadi reporter di Libya, rela menolak beasiswa menulis demi suami, (c) pertukaran gender antara lain Ali mampu merawat dan membesarkan anaknya.Skenario pembelajaran novel Sekuntum Laila karya Risma Budiyani di SMA menggunakan modelpailkem. Adapun rincian dari skenario tersebut adalah pembelajaran yang aktif: siswa mencari materi dengan diskusi kelompok, inovatif: mencermati latar belakang kehidupan pengarang, lingkungan: perpustakaan, kreatif: guru mengajak siswa untuk mengapresiasi karya sastra, efektif: siswa dituntut berpikir kritis dan bertindak efisien melalui pemberian tugas, menarik: memanfaatkan teknologi (pemutaran film).

Kata kunci:kajian feminisme, dan skenario pembelajarannya.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.