NILAI RELIGIUS ANTOLOGI CERPEN LUKISAN KALIGRAFI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMP KELAS VII

Akhmad Alwi Subhan, Bagiya Bagiya

Abstract


ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai religius, dan (3) skenario pembelajaran antologi cerpen Lukisan Kaligrafi karya Ahmad Mustofa Bisri di SMP kelas VII. Sumber data penelitian ini adalah antologi cerpen Lukisan Kaligrafi (2003). Objek penelitian pada unsur intrinsik, nilai religius, dan skenario pembelajaran antologi cerpen Lukisan Kaligrafi di SMP Kelas VII. Teknik cuplikan (sampling) menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mencatat teks yang tersurat dan tersirat dengan peneliti sebagai human instrument yang dibantu kartu data. Validitas data menggunakan theoretical triangulation. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan hasil penelitian dipaparkan menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini: (1) cerpen-cerpen dalam antologi cerpen Lukisan Kaligrafi terbangun dari unsur intrinsik yang padu dan mendukung tema religius-islami; (2) nilai religius berupa takwa kepada Allah, ridla terhadap ketentuan Allah, dan berdoa hanya kepada Allah, bermanfaat bagi sesama, introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, dan berbuat yang terbaik; (3) skenario pembelajaran terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Pembelajaran dapat dilaksanakan dengan metode quantum learning yang terdiri dari enam langkah pokok, yakni tanamkan, alami, namai, demonstrasikan, dan rayakan.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai religius, cerpen Lukisan Kaligrafi, quantum learning

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.