Universitas Muhammadiyah Purworejo PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU CANDIRENGGO KARANGGAYAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nanik Pujiasih, Bagiya Bagiya, Suci Rizkiana

Abstract


Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik, 2) minat belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik, dan 3) peningkatan kemampuan menulis puisidengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Candirenggo Karanggayam. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Imstrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa langkah-langkah pembelajaran kemampuan menulis puisipada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Candirenggo Karanggayamdengan teknik akrostik, yaitu siswa (a) guru menjelaskan pengertian puisi dan unsur-unsur pembangun puisi, (b) guru menjelaskan materi menulis puisi dengan teknik akrostik, (c) guru memberikan contoh puisi dengan teknik akrostik, (d) guru dan siswa melakukan tanya jawab seputar menulis puisi dengan teknik akrostik, (e) guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat puisi dengan teknik akrostik, dan (f) siswa mengumpulkan hasil menulis puisi dengan teknik akrostik kepada guru. Pengaruh teknik akrostik terhadap minat belajar siswa dapat dilihat pada prasiklus sebesar 29,41%, siklus 58,82%, dan siklus II menjadi 88,23%. Peningkatan hasil kemampuan menulis puisi dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu, 63,82 pada prasiklus, meningkat menjadi 73,24 pada siklus I, dan 80,88 pada siklus II.

 

Kata Kunci: menulis puisi, teknik akrostik, dan MTs.

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.