PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA POSTERPADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1)pembelajaranketerampilan menulispuisi menggunakan media poster; (2)pengaruhpenggunaan media poster terhadapminatsiswadalampembelajaranmenulispuisi; dan(3) peningkatanketerampilanmenulispuisi setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan media poster pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian ini disimpulkan: (1) proses pembelajaran menulis puisi menggunakan media poster meliputi siswa memperhatikan media poster keindahan alam Indonesia, menggunakan kata kunci dari poster sebagaidasaratau ide untukmenulis, mengembangkan ide menjadisebuahpuisidengan menggunakandiksi yang baik, gayabahasa,kesesuaianjuduldantemadenganisipuisi, persajakandanmakna; (2) pembelajaran menggunakan media poster mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Pengaruh media poster terhadap minat belajar siswa dapat dilihat pada siklus II menunjukkan bahwa siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib 88,46%, siswa tidak berbicara sendiri saat proses pembelajaran 84,62%, siswa tidak terganggu oleh keadaan 76,92%, dan siswa tidak malas 84,62%. Peningkatan hasil keterampilan menulis puisi dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis yaitu 67,15 pada prasiklus, meningkat menjadi 73,23 pada siklus I, dan 77,92 pada siklus II.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Media Poster.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.