PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI FENOMENA SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
ABSTRAK :Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) proses pembelajaran menulisteks eksplanasi (2) perubahan perilaku belajar (3) peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi setelah menggunakan media gambar fenomana soaial siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kebumen.Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket dan soal. Hasil penelitian menunjukkan: (1)langkah-langkah yang diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar peristiswa adalah (1) siswa mengamati gambar dan menemukan ide awal untuk menulis teks eksplanasi, (2) guru memandu siswa memahami unsur-unsur teks eksplanasi sesuai dengan gambar yang ditampilkan, dan (3) siswa mengembangkannya menjadi teks eksplanasi. Pengaruh media gambar peristiwa terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran teks eksplanasi menunjukkan adanya perubahan semakin positif. Pada pra siklus siswa yang siap menerima pembelajaran baru mencapai 47,22% dengan kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 61,1% dan pada siklus II menjadi 80,56% kategori baik. Keaktifkan siswa pra siklus hanya mencapai 47,22%, meningkat menjadi lebih baik 77,78% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11%. Penggunaan media gambar peristiwa dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.Pada tes awal rata-rata yang dicapai adalah 71,56 dengan ketuntasan 25,0%. Kemudian pada siklus I rata-rata kemampuan menulis teks ekslanasi mencapai 75,47. Pada siklus II rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi meningkat menjadi 78,56 dengan ketuntasan 80,56%.
Kata-kata kunci :Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi, Media Gambar Peristiwa
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.