ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Arifka Rizki Amalia, Sukirno Sukirno, Nurul Setyorini

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik pada novel Ayah; (2) kepribadian tokoh utama novel Ayah; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Ayah pada siswa kelas XII SMA. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Ayah Karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dibantu dengan teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang paling utama adalah penulis dan dibantu dengan nota pencatat, buku-buku teori sastra, dan buku psikologis sastra. Analisis data menggunakan metode analisi isi (Content analysis). Teknik penyajian data menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa  (1) unsur intrinsik novel Ayah Karya Andrea Hirata terdiri dari (a) tema mayor adalah kasih sayang seorang ayah kepada anaknya, tema minor dalam novel ini adalah cinta kasih seorang laki-laki kepada seorang perempuan, masalah mengikuti seleksi masuk SMA, dan persahabatan; (b) tokoh dan penokohan meliputi: tokoh utama, tokoh tambahan andalan dan tokoh tambahan bawahan; (c) alur yang digunakan adalah alur campuran; (d) latar tempat: (rumah Sabari, Markas Pertemuan Buruh (MPB), SMA, stasiun radio, pabrik batako, taman balai kota, pasar ikan, dan pelabuhan, latar waktu (pagi, siang, sore dan malam hari), latar sosial dalam novel ini yaitu kehidupan menengah ke bawah dan berjiwa sosial tinggi di Kampung Belantik; dan (e) amanat novel ini adalah selalu bertawakal kepada Tuhan, selalu berperasangka baik terhadap semua kedaan hidup yang telah digariskan Tuhan dan jangan mudah berputus asa serta harus selalu berusaha, (2) kepribadian tokoh utama novel Ayah Karya Andrea Hirata mencakup tiga aspek yaitu (a) Id yang mencakup tentang: Jatuh cinta, cinta kasih seorang ayah, keinginan untuk berpuisi, pandai, dan sabar; (b) Ego yang mencakup tentang: kesedihan, kegelisahan, sakit hati, marah, dan bahagia; (c) Superego yang mencakup tentang: menyesal, menentukan pilihan, tolong menolong, mempertimbangkan, dan lapang dada, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Ayah karya Andrea Hirata menggunakan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel, menggunakan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).

 

Kata kunci: kepribadian tokoh utama, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran

 

 

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.