PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK TARI BAMBU MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sri Sundari, Khabib Sholeh, Kadaryati Kadaryati

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsi (1) penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo, (2) perubahan perilaku belajar siswa SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar pada siswa SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu siswa (a) mengamati gambar keindahan alam, (b) mengidentifikasi poin-poin penting dalam gambar keindahan alam, (c) menyiapkan beberapa diksi, (d) berpasang-pasangan untuk bertukar diksi, (e) menulis puisi dengan menyusun diksi yang telah disiapkan, (f) membacakan puisi di depan kelas. Teknik tari bambu melalui media gambar memberikan pengaruh positif terhadap motivasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Purworejo, yaitu siklus I sebesar 75% (kategori baik), siklus II 91,91% (kategori sangat baik), keterampilan siswa menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis puisi, yaitu 55,38 pada prasiklus, meningkat menjadi 73,62 pada siklus I, dan 79,85 pada siklus II. Indikator keberhasilan siswa pada penelitian ini tercapai apabila nilai siswa telah mencapai KKM 75. Siswa yang nilainya telah mencapai KKM dari jumlah 34 siswa pada prasiklus, yaitu 2 siswa, pada siklus I 17 siswa dan siklus II 32 siswa. Dengan demikian, teknik tari bambu melalui media gambar dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.