DENGAN METODE PEMODELAN PADASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN2016/2017
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran membaca puisi dengan metode pemodelan pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Purworejo; (2)pengaruh metode pemodelan terhadap sikap dan minat siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Purworejo; (3) peningkatan kemampuan membaca puisi dengan metode pemodelan siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 PurworejoTahun Pelajaran2016/2017 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Nilai kriteria ketuntasan minimal adalah 70. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes berupa tes membaca puisi, sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi foto/video. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian data yang digunakan adalah teknik informal.Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran membaca puisi dengan metode pemodelan yaitu(a) siswa mengamati dan mendapatkan pencerahan tentang membaca puisi, guru membagikan teks membaca puisi dan mempersilakan model untuk membacakannya (b) setelah latihan membaca, siswa dievaluasi satu per satu untuk membaca puisi di depan teman-temannya (c) guru dan siswa memberikan penghargaan atas hasil unjuk kerja siswa secara individu; (2) pembelajaran membaca puisi dengan metode pemodelan mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian dengan lembar observasi menunjukkan bahwapada prasiklus memperoleh skor 44,4%,pada siklus I meningkat menjadi 67,8%, pada siklus II menjadi 86,2%; (3) peningkatan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Purworejo dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II.Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 60,8, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 69,3. Hasil prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar8,5. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 78,01 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 8,8. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah17,3.
Kata kunci: membaca puisi, metode pemodelan, siswa SMP
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.