PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE EXAMPLES NON-EXAMPLES PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode Examples Non-Examples pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, (2) pengaruh terhadap motivasi belajar dalam menulis puisi pada siswa SMA Negeri 4 Purworejo kelas X dengan metode Examples Non-Examples, dan (3) peningkatan hasil kemampuan menulis puisi setelah menerima motivasi dan pembelajaran dengan metode Examples Non-Examples pada siswa SMA Negeri 4 Purworejo kelas X. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode Examples Non-Examples terdapat enam tahap, yaitu siswa mengamati gambar, siswa mengidentifikasi poin-poin penting dalam gambar, siswa menyiapkan beberapa diksi, siswa menulis puisi dengan menyusun diksi yang telah disiapkan, siswa membacakan hasil puisinya di depan kelas, dan siswa memberikan penghargaan kepada teman yang telah membacakan puisinya di depan kelas. Pengaruh pembelajaran keterampilan menulis puisi denganmetode Examples Non-Examples terhadap perilaku belajar siswa dapat dilihat pada Siklus II, yaitu motivasi belajar meningkat menjadi 87,5%, perhatian terhadap pembelajaran meningkat menjadi 100%, keaktifan meningkat menjadi 100%, keberanian meningkat menjadi 100%, kemandirian meningkat menjadi 87,5%, dan apresiasi terhadap pembelajaran meningkat menjadi 87,5%. Peningkatan hasil keterampilan menulis puisi dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas, yaitu 65,28 pada prasiklus, meningkat menjadi 74,38 pada siklus I, dan 81,88 pada siklus II.
Kata kunci : Keterampilan Menulis Puisi, Metode Examples Non-Examples.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.