ANALISIS ASPEK SOSIOLOGI SASTRA NASKAH JIN ABG KARYAANES PRABU SADJARWO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) aspek sosiologi sastra; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitianini adalah teknik pustaka. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai unsure utama dibantu dengan alat kartu pencatat data dan alat tulisnya. Dalamm enganalisis data penulis menggunakan teknik content analysis (analisisisi).Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1)unsur intrinsik dalam naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo meliputi: (a) tema mayor: pentingnya pendidikan, tema minor: masalah mengikuti aktivitas manusia, masalah keinginan diadakan sekolah, masalah perbedaan pendapat;(b) tokohdanpenokohan, meliputi: tokoh utama, yaitu Tetua Jin dan Jimat, tokoh tambahan, yaitu Pejabat Jin 1, Pejabat Jin 2, Jin Abg 1, Jin Abg 2, Jin Abg 3;(c) alur: maju; (d) latar: latartempat, yaitu sekolah, kerajaan, tempat rapat, latar waktu, yaitu pagi hari, siang hari, malam hari, dan latar suasana, yaitu menegangkan,mengagetkan, keributan, dan menyedihkan;(e) sudutpandang: orang ketiga; (f) amanat, yaitu dalam memecahkan masalah harus dengan kepala dingin, manfaatkanlah pendidikan sekolah dengan baik; (2) aspek sosiologi sastra naskah dramaJin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo, aspek sosiologi sastra tersebut meliputi: (a) aspek kekerabatan: hubungan kekerabatan antara Tetua Jin dengan Jimat (bos dan pegawai), hubungankekerabatanantara Jin Abg 1 dengan Jin Abg 3 (pertemanan); (b) aspek cinta kasih: orang tua dengan anak, dan lawan jenis; (c) aspek ekonomi: perekonomian keluarga menurun, dan meningkatkanperekonomiankeluarga; (d) aspek religius: melanggarperintah agama, dan kewajiban menjalankan perintah agama; (e) aspek pendidikan: pendidikan sekolah mecerdaskan siswa-siswanya, dan siswa yang tidakmemanfaatkan pendidikan sekolah; (f) aspek moral: tidak memiliki etika, dan rusaknya moral; (g) aspek politik: tidak menjadi warganegara yang baik, dan melakukan korupsi; (3)rencana pelaksanaan pembelajaran aspek sosiologi sastra pada naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo di kelas XI SMA yang terdapat pada kompetensi dasar 3.18 menggunakan metode pembelajaranQuantum Learning dengan langkah tumbuhkah, alami, namai, demonstrasi,ulangi, dan rayakan (TANDUR).
Kata kunci:aspek sosiologi sastra, naskah dramaJin Abg, rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.