NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KUBAH DI ATAS PASIR KARYA ZHAENAL FANANI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani, (2) nilai pendidikan karakter novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani,(3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani sebagai bahan pembelajaran di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini berupa nilai pendidikan karakter novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Fokus penelitian ini meliputi unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani. Sumber data berupa novel, buku sastra, kutipan langsung dan tidak langsung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu dengan kartu pencatat data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Kubah di Atas Pasirmeliputi: (a) tema novel ini adalah perjuangan seorang ibu yang menghidupi anaknya seorang diri demi mendapatkan pendidikan yang layak, (b) tokoh utama adalah Fatikha dan tokoh tambahan antara lain Mahali, Hiram, Eleina Markov, Pak Karim, Ngadrim, Ngartidjo, dan Ngadiredjo, (c) alur yang digunakan adalah alur campuran, (d) terdapat tiga macam latar, yaitu latar tempat meliputi Desa Ngurawan, Yayasan Ar-Rahmah, pesantren, balai desa, rumah Mahali, Kantor Polsek Blumbang dan Mushala, latar waktu meliputi pagi, siang, sore dan malam, latar sosial adalah mata pencaharian para tokoh, dan (e) sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga mahatahu, (2) nilai pendidikan karakter novel Kubah di Atas Pasirmencakup 17 nilai pendidikan karakter, yaitu:religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas, langkah-langkah pembelajarannya meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan penutup.
Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, dan rencana pelaksanaan pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.