PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HASIL WAWANCARA DENGAN METODE 5W+1H PADA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KROYA TAHUN AJARAN 2016/2017

Nita Ma’rifah, Sukirno Sukirno, Kadaryati Kadaryati

Abstract


“Peningkatan Keterampilan Menulis Hasil Wawancara dengan Metode 5W+1H pada Siswa Kelas VII MTs Ma’arif NU Kroya Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penggunaan metode 5W+1H dalam pembelajaran menulis hasil wawancara pada kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis hasil wawancara  yang diajarkan dengan metode 5W+1H pada siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kroya Tahun Ajaran 2016/2017; (3) mengetahui perubahan minat pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kroya setelah mengikuti pembelajaran dengan metode 5W+1H. Jenis Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelasVII A MTs Ma’arif NU 1 Kroya. Objek penelitian ini kemampuan menulis wawancara dengan metode 5W+1H. Tempat penelitian di MTs Ma’arif NU 1 Kroya di kelas VII A. Waktu penelitian Maret-September 2016. Prosedur penelitian terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes dan nontes. Instrumen penelitian ini adalah tes dan nontes. Analisis data dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis disajikan dengan metode informal. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Pembelajaran menulis wawancara dengan metode 5W+1H pada siswa kelas VII MTs Ma’arif  NU 1 Kroya dengan enam tahap yaitu (a) peneliti memberikan gambaran metode 5W+1H, (b) peneliti memberikan contoh menulis wawancara dengan metode 5W+1H, (c) siswa ditugasi menulis wawancara dengan teman atau kakak kelas di lingkungan sekolah, (d) peneliti mengawasi dan memotivasi siswa saat proses pembelajaran, (e) siswa mempresentasikan hasil menulis wawancara di kelas, (f) peneliti menilai hasil wawancara siswa;(2) Peningkatan keterampilan menulis wawancara dengan metode 5W+1H yaitu nilai rata-rata siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,74 poin. Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,53 atau mengalami peningkatan sebesar 6,03 poin; (3) Perubahan minat siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kroya setelah mengikuti pembelajaran dengan metode 5W+1H yaitu pada hasil observasi prasiklus perilaku siswa dalam hal keaktifan masih kurang terdapat 5 siswa atau 19,23%, pada siklus I sebesar 12 siswa atau 46,15%, dan pada siklus II sebesar 18 siswa atau 69,23%. Dari hasil observasi prasiklus sampai siklus II mengalami perubahan kearah positif atau lebih baik.

Kata Kunci: menulis, wawancara, 5W+1H.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.