NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL KUTEMUKAN ENGKAU DI SETIAP TAHAJUDKU KARYA DESI PUSPITASARI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) unsur intrinsik dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku Karya Desi Puspitasari, (2) nilai pendidikan karakter tokoh utama dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku Karya Desi Puspitasari, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama yang terdapat dalam novel Kutemukan Engkau di SetiapTahajudku Karya Desi Puspitasari di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter tokoh utama dalam novel Kutemukan Engkau di SetiapTahajudku Karya Desi Puspitasari. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dengan instrument utama penulis selaku peneliti. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis disajikan secara informal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsic novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku terdiri dari tema, yaitu kasih sayang; alur dalam novel tersebut tergolong ke dalam alur campuran; tokoh dan penokohan, Agus sebagai tokoh utama; teknik pelukisan tokoh secara analitik dan dramatik; latar terbagi menjadi tiga (a) latar tempat meliputi jalanan pinggir kota, rumah Agus, rumah Hari, bengkel Joko, mushala, bar; (b) latar waktu meliputi pagi, siang, sore, dan malam; (c) latar social meliputi seorang mahasiswa, pembuattato, guru, dosen, montir bengkel; latar dalam novel berfungsi sebagai metafora dan atmosfer; dan sudut pandang yang digunakan orang ketiga serbatahu. (2) nilai pendidikan karakter tercermin dari perilaku tokoh utama dalam novel Kutemukan Engkau di Setiap Tahajudku meliputi penyabar, bertakwa, peduli, tanggung jawab, pemberani, pekerja keras, rendah hati, dan ikhlas. (3) Skenario pembelajaran novel Kutemukan Engkau di SetiapTahajudku di kelas XI, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 5-6 anak. Tiap kelompok ditugasi membaca novel dan mengkaji unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tokoh utama novel tersebut dengan mencari data yang mendukung, dipresentasikan di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi. Setelah semua kelompok maju, tiap siswa membuat sinopsis. Evaluasi dilaksanakan secara tertulis dengan teknik tes (tes esai) dan teknik nontes (kuesioner).
Kata Kunci: unsur intrinsik novel, nilai pendidikan karakter, skenario
pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.