ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA IKLAN PENCERAH WAJAH FAIR AND LOVELY EDISI 2012-2016 DI TELEVISI SWASTA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DI KELAS XII SMA

Dewi Nur Naimah Janah, Moh. Fakhrudin, Suci Rizqiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) fungsi tuturan direktif dalam bahasa iklan pencerah wajah fair and lovely edisi 2012-2016 di televisi; (2) relevansi fungsi tindak tutur direktif pada iklan pencerah wajah fair and lovely edisi 2012-2016 di televisi dengan pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah iklan pencerah wajah fair and lovely edisi 2012-2016. Objek penelitian ini berupa tindak tutur direktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah penulis selaku peneliti yang dibantu dengan alat pencatat data. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode padan. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) fungsi tindak tutur direktif dalam iklan pencerah wajah fair and lovely edisi 2012-2016 terdiri dari empat fungsi, yaitu fungsi meminta (edisi 2012), fungsi menyarankan (edisi 2015), fungsi mendorong (edisi 2013), dan fungsi mengajak (edisi 2013, 2014, 2015, dan 2016); (2) relevansi pembelajaran fungsi tindak tutur direktif pada iklan pencerah wajah fair and lovely edisi 2012-2016 di televisi swasta dengan pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi di kelas XII SMA adalah peserta didik mampu menginterpretasi makna teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan sesuai dengan kompetensi dasar 4.1 menginterpretasi makna teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan. Dengan menganalisis fungsi tindak tutur direktif
pada iklan pencerah wajah fair and lovely dapat diketahui bahwa (a) bahasa yang digunakan iklan fair and lovely memenuhi syarat sesuai dengan bahasa iklan, (b) iklan fair and lovely termasuk dalam iklan lokal yang berisi informasi produk dari suatu perusahaan untuk mencapai penjualan maksimal dan bertujuan untuk merangsang minat pembeli atau pemakai produk fair and lovely, (c) iklan fair and lovely edisi 2012-2016 memiliki beberapa kelebihan sebagai iklan televisi, yaitu memiliki daya jangkau yang luas, selektivitas dan fleksibelitas, fokus perhatian, kreativitas dan efek, prestise, waktu tertentu, dan informasi terbatas.

Kata kunci: tindak tutur direktif, iklan pencerah wajah fair and lovely, dan relevansi pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.