PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERDASARKAN ILUSTRASI TOKOH IDOLA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WADASLINTANG TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan keterampilan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wadas lintang Kabupaten Wonosobo dalam menulis cerpen setelah diberi pembelajaran menulis cerpen dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola; (2) perubahan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam menulis cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Objek penelitian adalah keterampilan menulis cerpen dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wadaslintang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data yang digunakan adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola dilakukan dengan cara membimbing atau mengarahkan siswa agar bisa tertuju pada tokoh idolanya masing-masing. (1) Skor rata-rata keterampilan menulis cerpen dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola yang diperoleh pada prasiklus sebesar 58,57 dikategorikan kurang, siklus I sebesar 66,60 dikategorikan cukup, dan siklus II sebesar 75,28 dikategorikan baik. (2) hasil sikap antusias siswa kelas XI SMAN 1 Wadas lintang meningkat saat pembelajaran menulis cerpen dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Prasiklus sebesar 25%, siklus I 46,43% dan masih meingkat lagi pada siklus II sebesar 67,86%.
Kata kunci: keterampilan menulis cerpen dan teknik latihan terbimbing
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.