NILAI MORALNOVEL MELODI TERAKHIR SANG MUAZIN SUBUH KARYA ATIM R. ANJANA DAN RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARANNYA DI KELAS XISMA

Anif Pujianto Suryo Bagiya

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) unsurinstrinsik yang terdapat dalamnovelMelodi Terakhir Sang Muazin Subuh Karya Atim R. Anjana; (2)nilai moral yang terdapat dalam novel Melodi Terakhir Sang Muazin Subuh Karya Atim R. Anjana; dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas XISMA.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat di dalam novelMelodi Terakhir Sang Muazin SubuhKarya Atim R.Anjanaterdiri dari(a) tema: perjuangan seorang anak menepati janjinya kepada orang tua,(b) tokoh utama:Najma, dan tokoh tambahan: Kyai Habib, Nyai Asiyah, Zahra, Kyai Chudlori, Syaifullah, Icha, Renita, Izzah, Barokatun, Rojikin, Gus Irfai, Dr. Husina, Sheila, Azwan, Lulu, Febrian, (c)alur: alur maju, (d)sudut pandang: sudut pandang orang ke tiga serba tahu “dia”, (e)latar tempat: Kebumen, Yogyakarta, UNESA, dan Jakarta, latar waktu: pagi, siang, sore dan malam, latar sosial: keluarga tokoh agama, (f) amanat: berusaha untuk menjadi anak yang membanggakan orang tua; (2) wujud nilai moral yang terdapat di dalam novel ini terdiri dari (a) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan: berdoa, beribadah, bersyukur, (b) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri: bekerja keras, sabar, berprasangka baik, rela berkorban, berpikir cerdas, berani, penyesalan, mandiri, (c) nilai moral hubungan manusia dengan manusia: silaturahmi, menasihati, memuji, berjanji, menyemangati, memaafkan, kasih sayang dan tanggung jawab orang tua;  (3) Rencana PelaksanaanPembelajaran novel didasarkan pada Kompetensi Dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Indikator pembelajaran novel ini adalah mengungkapkan tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan mengungkapkan nilai moral.Langkah-langkah pembelajarannya dilakukan dua kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari (a) kegiatan awal, (b) kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi); (c)  kegiatan akhir/penutup.

 

Kata kunci:nilai moral, novel, dan rencana pelaksanaan pembelajaran

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.