PENINGKATAN KETERAMPILANMENYIMAK BERITA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 37 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan media audiovisual melalui pendekatan kooperatif metode Numbered Head Together (NHT), (2) perubahan sikap dan perilaku siswa dalam pembelajaran menyimak berita dengan media audiovisual melalui pendekatan kooperatif metode Numbered Head Together (NHT), dan (3) peningkatan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 37 Purworejo setelah pembelajaran menyimak berita dengan media audiovisual melalui pendekatan kooperatif metode Numbered Head Together (NHT).Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 37 Purworejo. Setiap siklus terdiri atas perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes.Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa soal tes, observasi, angket siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Uji keabsahan data dipenuhi dengan melibatkan lebih dari satu sumber data (triangulasi), yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran menyimak berita dengan media audiovisual melalui pendekatan kooperatif metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menyimak siswa, dan dapat pula meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (2) perubahan sikap dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran terlihat lebih positif yaitu siswa lebih memperhatikan guru menerangkan, menjadi lebih aktif dengan berani bertanya dan mengungkapkan pendapat dengan percaya diri, dan (3) keterampilan siswa dalam menyimak berita pada tahap prasiklus adalah 61,38, pada siklus I adalah 71,52, dan pada siklus II adalah 83.52. Sedangkan persentase ketuntasan pada tahap prasiklus adalah 36,84%, pada siklus I adalah 68,42%, dan pada siklus II adalah 84,21%. Sehingga, tindakan dihentikan pada siklus II karena sudah tercapai apa yang diharapkan oleh peneliti.
Kata Kunci : Menyimak berita, media audiovisual, Numbered Head Together
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.