PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII B SLB BUDI ASIH GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII B SLB Budi Asih Gombong tahun pelajaran 2012/2013; (2) perubahan sikap dan tingkah laku (khususnya sikap dan minat) siswa Kelas VIII SLB Budi Asih Gombong; (3) peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VIII SLB Budi Asih Gombong tahun pembelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media gambar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, diskusi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif dan penyajian data digunakan teknik informal. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran menulis karangan deskripsi yang ditempuh dalam tiga tahapan yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus ditempuh dalam empat tahap pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Pada prasiklus siswa menulis karangan deskripsi tanpa menggunakan media gambar, pada siklus I siswa menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar, akan tetapi belum ada kejelasan tentang gambar tersebut; pada siklus II siswa menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar dengan kejelasan gambar lokasi; (2) pengaruh media gambar terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat dilihat dari hasil pengamatan. Pada prasiklus hanya 1 siswa yang benar-benar memperhatikan penjelasan guru, pada siklus I sikap siswa meningkat menjadi baik, yaitu ada 3 siswa yang memperhatikan penjelasan guru, pada siklus II sikap siswa meningkat lagi menjadi semua siswa memperhatikan penjelasan guru; (3) peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media gambar terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 50 menjadi 60 pada siklus I, dan meningkat menjadi 85,8 pada siklus II.
Kata Kunci: keterampilan menulis, karangan deskripsi, dan media gambar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.