NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATADAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Nurkholis -

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik,(2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, dan (3) skenario pembelajaran nilai pendidikan karakter dalam  novel Ayah karya Andrea Hirata di SMA.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Fokus penelitian inipada pendidikan karakter yang  berbentuk nilai-nilai kebaikan dan skenario pembelajarannya di Kelas XI SMA. Teknik penyajian hasil analisis ini dilakukan  dengan menggunakan teknik informal.Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa(1) unsur intrinsik novel Ayahterdiri dari:(a) tema: kasih sayang dan cinta seorang ayah terhadap anak, (b) tokoh dan penokohan: Sabarimerupakan tokoh utama dengan watak penyabar, pekerja keras, kreatif, cerdas, periang, baik hati, setia, dan lugu, dengan beberapa tokoh tambahan yang mendukung, yaitu Amiru (Zorro), Ukun, Tamat, dan Toharun, (c) alur:alur campuran, (d) latar tempat: Beranda Rumah, Markas Pertemuan Buruh, Rumah Amirza, KampungNira, Warung Kopi, Kampung Belantik, Kios Elektronik, Sekolah, Pusat Kota, Stasiun Radio, Tanjung Pandan, Kantor Gadai, Pantai Barat, Ruang Sidang, dan Dermaga, latar waktu: pagi, siang, sore, malam, senin, dan februari, dan latar sosial: kehidupan penduduk Nira, kepercayaan kampong Belantik, tingkah anak SMA, kebiasaan orang yang menghadiri persidangan, dan kekaguman sang juruantar terhadap sosok Sabari, dan (e) sudut pandang: persona ketiga serba tahu, (2) nilai pendidikan karakter novel Ayah meliputi: nilai religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif senang bersahabat atau proaktif, cinta damai, gemar membaca,peduli sosial dan tanggung jawab, (3) Skenario pembelajarannovel Ayah Karya Andrea Hirata di kelas XI SMAmenggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigationdengan tahap pendahuluan guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang akan disampaikan, lalu pada tahap inti guru menerangkan materi tentang unsur-unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, kemudian guru meminta para siswa untuk mendiskusikannya, dalam tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran sastra yang terdapat dalam novel untuk membangun karakter siswa.

 

Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Ayah,  Skenario Pembelajaran.

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.