NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL KANVAS KARYA BINTANG PURWANDA DAN SKENARIO PEMBELAJARAN DI SMK

Novi Yudha Asmara

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) unsur intrinsik, (2) nilai religius, (3) dan skenario pembelajaran novel Kanvas karya Bintang Purwanda.  Objek penelitian ini adalah nilai religius dalam novel Kanvas karya Bintang Purwanda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa isi keseluruhan teks novel Kanvas karya Bintang Purwanda. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yang menggabungkan data dan sumber data yang telah ada. Teknik analisis data menggunakan contect analysis. Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal yang menggunakan kata-kata biasa dan dipahami oleh pembaca. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Kanvas karya Bintang Purwanda meliputi: tema novel ini adalah perjuangan seorang gadis muda untuk menghidupi keluarga dengan berjualan atau berdagang lukisan, tokoh  utama: Qayyima memiliki sifat sabar dalam menghadapi hidup yang begitu berat, alur: alur maju, latar terdiri dari latar tempat: yang berisi di mana saja kejadian itu berada, latar waktu berisi kapan kejadian terjadi, dan latar sosial berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial dalam masyarakat, sudut pandang: sudut pandang persona ketiga “dia” mahatahu, dan gaya bahasa: berisi cara pengarang untuk mendapatkan ciri khasnya. (2) Nilai religius dalam novel Kanvas karya Bintang Purwanda meliputi empat aspek. Hubungan manusia dengan Allah, hubungan ini berdasarkan pada perilaku atau cara seseorang berhubungan dengan Allah, misalnya: shalat, doa, dan bersyukur. Hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan ini erat kaitannya dengan perilaku seseorang, misalnya: sabar, pemaaf, adil. Hubungan manusia dengan sesama manusia,  hubungan ini erat kaitannya antara manusia dengan manusia, misalnya: tolong menolong, saling memaafkan, saling menghormati dan menghargai. Hubungan manusia dengan alam, perilaku manusia untuk mengagumi keindahan dan keagungan ciptaan Allah. (3) dan Skenario pembelajaran berisi langkah-langkah yang meliputi: menganalisis unsur-unsur intrinsik novel Kanvas, menganalisis nilai religius. Kegiatan refleksi, yaitu guru memberikan penguatan terhadap kegiatan yang dilakukan siswa, dan pemberian tugas struktur.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai religius, dan skenario pembelajaran di SMK.



Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.