NILAI MORAL NOVEL HARIM DI TANAH HARAM KARYA ABU HAMZAH DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Ndaru Enggar Budi Satrio

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai moral serta; (3) RPP sastra novel Harim di Tanah Haram karya Abu Hamzah. Metode penelitian: sumber data penelitian ini adalah novel Harim di Tanah Haram karya Abu Hamzah; objek penelitian ini adalah nilai moral yang terdapat dalam novel Harim di Tanah Haram; fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik, nilai moral novel Harim di Tanah Haram karya Abu Hamzah, dan RPP sastra di kelas XI SMA; jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif; teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, baca, dan catat; instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti dibantu kartu pencatat data dan alat tulis; teknik analisis data penelitian ini adalah analisis isi; teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik penyajian informal. Hasil ppenelitiannya adalah: (1) Unsur intrinsik dalam novel Harim di Tanah Haram meliputi: (a) tema mayor: iman kepada Allah akan membuat manusia menjadi lebih kuat menjalani hidup; tema minor: perzinahan, perdagangan manusia, dan takut berbuat dosa; (b) tokoh utama: Rizqia Rahmah; tokoh tambahan: Kiai Kahar, Rosma, Basri, Farida, Nurdin, Azzam, Sofie, Reza, Ramdhan, Serhat; (c) alur: progresif (Maju); (d) latar tempat: pesantren, pantai Losari, kota Makasar, bandara Soekarno-Hatta; latar waktu: pagi, siang, malam; latar suasana: masyarakat desa yang anarkis dan mudah terprovokasi; (e) sudut pandang: orang ketiga sebagai pencerita terbatas (dia); (f) amanat: semangat hidup dan keteguhan iman harus disertakan dalam menghadapi cobaan yang diberikan Tuhan. (2) Nilai moral yang terdapat dalam novel tersebut meliputi (a) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri: tegar dan sabar, jujur, semangat; (b) nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain: berbakti pada orang tua, lembut dan humoris pada sesama, dan pemaaf kepada sesama; (c) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan: pandai bersyukur, membaca Al-Quran, berzikir, berdoa. (3) RPP sastra novel ini menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas; penilaian hasil belajar memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Kata kunci: tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.