PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP PANGERAN DIPONEGORO KARANGGAYAM KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis pantun dengan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Pangeran Diponegoro Karanggayam tahun ajaran 2015/2016; (2) pengaruh penggunaan media audio visual terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Pangeran Diponegoro Karanggayam tahun ajaran 2015/2016; (3) peningkatan keterampilan menulis pantun setelah diadakan pembelajaran dengan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Pangeran Diponegoro Karanggayam tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data hasil penelitian menggunakan teknik informal. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran menulis pantun dengan media audio visual, yaitu (1) siswa menyaksikan lenong pantun yang telah disiapkan guru; (2) siswa mengidentifikasi kata-kata yang ada dalam tayangan lenong pantun; (3) siswa memilih kata-kata yang baik untuk dijadikan teks pantun; (4) siswa dan penulis menentukan tema “persahabatan”; (5) siswa menulis pantun sesuai dengan tema. Pengaruh media audio visual terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis pantun dapat dilihat dari hasil pengamatan. yaitu (1) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran; (2) perhatian siswa terhadap pembelajaran; (3) respon siswa terhadap media; (4) sikap siswa saat pembelajaran; (5) keaktifan siswa saat pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis pantun dengan media audio visual terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 58, 92 menjadi 71,96 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,32 pada siklus II.
Kata Kunci: menulis pantun, media audio visual.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.