ANALISIS NILAI RELIGIUS NOVEL KETIKA MAS GAGAH PERGI KARYA HELVY TIANA ROSA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK: penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Ketika Mas Gagah Pergi; (2) nilai religius novel Ketika Mas Gagah Pergi; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Ketika Mas Gagah Pergi Karya Helvy Tiana Rosa di kelas XI SMA. Sumber data adalah novel Ketika Mas Gagah Pergi Karya Helvy Tiana Rosa. Objek penelitian adalah unsur intrinsik novel Ketika Mas Gagah Pergi. Fokus penelitian berupa nilai religius dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Uji validitas data menggunakan triangulasi teori. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa, yaitu (a) tema mayor berisi kesabaran dan tekad, sedangkan tema minor berisi kedamaian, dan peduli; (b) tokoh utama: Gita dan Mas Gagah. Tokoh tambahannya: Yudhistira, Mbak Nadia, Tika., Tri, Dan Tutut; (c) alur yang digunakan adalah alur maju; (d) latar tempat meliputi mobil, kamar, ruang tamu, kantin sekolah, kampus UI, rumah baca, rumah sakit. Latar waktu yaitu pagi, siang, sore, dan malam hari. Latar social: kehidupan anak-anak kolong jembatan, kehidupan seorang preman, kehidupan seorang pencopet, dan kehidupan warga korban kebakaran; (e) sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga serba tahu; (f) amanat: senantiasa salat tepat waktu dan salat bejamaah, perempuan hendaknya menutup aurat/berhijab, sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan, tolong-menolong, selalu bersyukur atas segala karunia yang telah diberikan oleh Allah Swt; (2) nilai religius novel ini meliputi (a) nilai akidah berupa Iman kepada Allah, Iman kepada Rasul Allah, Iman kepada Kitab Allah, Iman kepada Takdir Allah; (b) nilai syariah berupa shalat, mengaji, berdoa, berzikir, menuntut ilmu, dan (c) nilai akhlak berupa tolong-menolong, menutup aurat, bersyukur, memberi nasihat dalam kebaikan, dan peduli terhadap sesama; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan penutup.
Kata Kunci: unsur intrinsik, nilai religius, dan rencana pelaksanaan pembelajaranFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.