IDENTIFIKASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAMPAU KARYA SANDI FIRLY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS VIII SMP

Kurniawan Niam Sofi & Bagiya

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakter tokoh utama dalam novel Lampau karya Sandi Firly; (2) nilai-nilai pendidikan novel Lampau; (3) penerapan pembelajaran novel  Lampau di Kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Objek penelitian ini berupa tokoh utama “Sandayuhan” dalam novel Lampau karya Sandi Firly. Fokus penelitian berupa karakter tokoh utama “Sandayuhan”, nilai-nilai pendidikan dan pembelajarannya di kelas VIII SMP. Sumber data berupa kutipan-kutipan novel Lampau karya Sandi Firly. Instrumen penelitiannya berupa kertas pencatat data, kartu data, dan alat tulis lainya.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik sampling.Teknik analisis data dilakukan teknik analisis isi (content analisys). Hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) identifikasi karakter tokoh utama dalam novel Lampau karya Sandi Firly, meliputi: (a) keyakinan dan perjuangan dalam menggapai mimpi menuntut ilmu dan, (b) sikap semangat serta pantang menyerah dalam meraih cita-cita; (2) nilai-nilai pendidikan dalam novel Lampau antara lain: (a) nilai pendidikan religious novel Lampau dapat dilihat ketika Sandayuhan beribadah, selalu berbuat baik, bersedekah, berdoa dan bersyukur kepada Tuhan , (b) nilai pendidikan moral novel Lampau dapat dilihat ketika Sandayuhan bersikap sabar, ramah, penuh keikhlasan, kasih sayang dan menjauhi  sifat sombong, (c) nilai pendidikan sosial novel Lampau dapat dilihat ketika Sandayuhan  membantu dan memberi dukungan kepada teman dan siapun (orang lain) yang ada disekitarnya, (d) nilai pendidikan budaya novel Lampau dapat dilihat budaya yang tercermin dari upacara adat yang dilakukan oleh suku Dayak Maratus dari budaya Kalimantan Selatan; (3) skenario pembelajaran novel Lampau di kelas VIII SMP berdasarkan pada Standar Kompetensi 13. memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan dan Kompetensi Dasar 13.1 megidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan . Dalam pembelajaran novel Lampau karya Sandi Firly digunakan metode ceramah, metode diskusi, dan metode proyek. Langkah-langkah  pembelajaran yang digunakan ialah pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, introduksi, penyajian, dan tugas-tugas praktis.

Kata kunci:  tokoh utama, nilai pendidikan, dan skenario pembelajaran di SMP


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.