ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Susianti Agustina

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) semiotik Roland Barthes; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran pada novel Hujan di kelas XI SMA. Penelitian ini deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah semiotik Roland Barthes novel Hujan Karya Tere Liye dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kartu pencatat data yang digunakan untuk mencatat data- data semiotik Roland Barthes. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Penyajian hasil analisis dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi: (a) tema: tentang politik negara berbeda iklim; (b) tokoh utama: Lail, tokoh tambahan: Esok atau Soke Bahtera, Maryam, Ibu Lail, Ibu Esok, Ibu Suri, Elijah, Wali Kota dan Istri Wali Kota, Claudia; (c) alur: alur mundur (flash back); (d) latar tempat: ruang terapi, stasiun kereta, lubang persimpangan jalan, rumah Lail, pengungsian nomor 2, panti sosial, sekolah keperawatan, toko kue, kolam air mancur, rumah-rumahan warna oranye; latar waktu: masa kanak- kanak, masa remaja, masa dewasa; latar sosial: kehidupan perawat, kehidupan paramedis, kehidupan ilmuan, kehidupan wali kota, kehidupan relawan, (2) semiotik Roland Barthes novel Hujan mencakup: (a) kode hermeneutik meliputi: mengapa tentang persahabatan, tentang cinta, tentang perpisahan, tentang melupakan, dan tentang hujan?; (b) kode semik (konotasi) meliputi: makna “bekembang biak”, “percakapan, terasa horor”, “obat paling keras”, “gerimis membungkus kota”, “sinar matahari menerobos tenda”, “seperti cendawan raksasa”, “menatap rumput basah dan dedaunan pohon yang ditimpa matahari senja”, “bab lama telah ditutup, bab baru telah dibuka”, makna “ikut ke panti sosial”, “Ibu Suri”, “hatinya tercabik-cabik”; (c) kode simbolik meliputi: lambang kemajuan zaman, lambang kesederhanaan, lambang kemewahan; (d) kode proaretik meliputi: sinopsis; (e) kode gnomik (kultural) meliputi: bahasa, pengetahuan, budaya; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran semiotik Roland Barthes novel Hujan di kelas XI SMA dilaksanakan dengan standar kompensi membaca 7. Memahami  berbagai hikayat, novel Indonsia/novel terjemahan, kompetensi dasar 7. 1 menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat.

 

Kata kunci: Semiotik Roland Barthes, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran.

 

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.