RELEVANSI KIPRAH WANITA DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG KARYA TYA SUBIAKTO SATRIO DENGAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERENCANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI

Muhammad Khoirudin

Abstract


ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter, dan (3) rencana pembelajaran pendidikan karakter dalam film Kehormatan di Balik Kerudung karya Tya Subiakto Satrio di kelas XI SMA.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter dalam film Kehormatan di Balik Kerudungdan perencanaan pembelajarannya di Kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik film Kehormatan di Balik Kerudung karya Tya Subiakto Satrio:(a) tema: pengorbanan, (b) tokoh dan penokohan, yaitu tokoh sentral protagonis: Ifan (rajin beribadah, baik hati, dan santun), Syahdu (religius, baik, dan berhati keras), dan Sofia (sopan, religius, dan rela berkorban); antagonis: Nazmi (kasar dan mudah marah); wirawan/wirawati: kakek (berwibawa) dan nenek (baik hati dan patuh); tokoh bawahan: Ibu (penyayang), Ratih (patuh), dan Andi (humoris), (c) alur: maju, (d) latar terdiri atas latar tempat: stasiun, Pekalongan, rumah sakit, dan Masjid; latar waktu: siang dan malam; latar sosial: wartawan, (e) amanat: sebagai makhluk ciptaan Tuhan harus senantiasa ikhlas menghadapi cobaan karena di balik cobaan tersebut Tuhan telah menyiapkan rencana yang lebih baik untuk umatnya; (2) relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter meliputi: (a) rajin beribadah relevan dengan religius, (b) mudah bergaul relevan dengan bersahabat, (c) menjalankan tugas ibu rumah tangga dengan baik relevan dengan tanggung jawab, (d) tidak bergantung kepada suami relevan dengan mandiri, (e) menghargai sikap orang lain relevan dengan toleransi, (f) melaksanakan sholat tepat waktu relevan dengan disiplin, (g) gigih dalam mengatasi hambatan relevan dengan kerja keras, (h) berani berterus terang terhadap hal buruk yang dilakukan relevan dengan jujur; (3) rencana pembelajaran sebagai berikut: (a) guru mengulas materi terkait dengan unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, (b) guru memberi tugas kepada siswa dengan menonton film tersebut, (c) guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, (d) guru memberi tugas kepada perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil analisisnya, (e) guru memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk bertanya setelah kegiatan presentasi selesai, (f) guru mengomentari hasil presentasi, (g) guru memberikan tugas kepada kelompok untuk memperbaiki pekerjaannya, dan (h) guru memberikan tugas yang berupa arahan kepada peserta didik untuk menunjukkan nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Kiprah Wanita, Nilai Pendidikan Karakter, dan Rencana Pembelajaran

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.