ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Budiyanto -

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy , (2) aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy , dan (3) skenario pembelajaran unsur instrinsik dan nilai moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, penulis membahas dan mengkaji novel ticlak menggunakan angka, tetapi menekankan pada deskripsi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Cinta Suci Zahrana terjalin menyatu dengan sosiologi yang terdapat di dalamnya, (2) aspek sosiologi sastra yang terdapat pada novel Cinta Suci Zahrana mencakup tiga aspek, yaitu: (a) cinta kasih, (b) kepercayaan, (c) kebudayaan, (d) pendidikan dan (3) skenario pembelajaran novel Cinta Suci Zahrana menggunakan model pembelajaran PAIKEM, yAitu: (a) para siswa diminta membentuk kelompok; (b) masing-masing kelompok diberi topik untuk dipecahkan; (c) para siswa membuat kesimpulan dari diskusi kelompok; (d) para siswa mempresentasikan hasil diskusi; (e) para siswa memperbaiki hasil analisisnya; dan (f) guru memberikan pujian terhadap siswa yang mendapatkan nilai yang paling balk.

Kata kunci: Aspek sosiologi, Novel Cinta Suci Zahrana, dan skenario Pembelajarannya di SMA.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.