NILAI MORAL DALAM NOVEL MARYAM KARYA SIBEL ERASLAN DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Slamet Susilo

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur instrinsik dalam novel Maryam; (2) nilai moral novel Maryam; dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral dalam novel Maryam di kelas XII SMA menggunakan metode jigsaw.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur instrinsik dalam novel Maryam sebagai berikut: (a) tema mayor novel ini adalah religius, sedangkan tema minor novel ini yaitu fitnah, kerusuhan, kasih sayang, perbedaan pendapat, pertetangan, dan sedekah; (b) novel ini menggunakan alur sorot balik; (c) tokoh utama novel ini, yakni Maryam: dermawan, jujur, pandai, pekerja keras, pemberani, penyayang, ramah, taat beribadah, dan teguh; (d) pada novel ini terdapat latar fisik dan latar sosial; (e) novel ini adalah menggunakan sudut pandang persona ketiga serbatahu; (f) amanat dalam novel ini disampaikan secara Implisit dan eksplisit (g) hubungan antarunsur terdiri dari hubungan tema dengan alur, hubungan tema dengan tokoh dan penokohan, hubungan tema dengan latar, hubungan tokoh penokohan dan alur, hubungan tokoh penokohan dan latar, dan hubungan tokoh dan penokohan dengan alur. (2) nilai moral dalam novel Maryam karya Sibel Eraslan, yaitu: (a) hubungan manusia dengan Allah meliputi berdoa, berhijab, berkurban, berzikir, dan salat; (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi bersedekah, menasihati, menghormati orang lain dan tolong menolong; (c) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi bekerja keras, jatuh cinta, jujur, kasih sayang dan sabar; (d) hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi, memanfaatkan tanaman, menyayangi binatang, dan memanfaatkan bulu domba. (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral novel Maryam di kelas XII, siswa dibagi menjadi 11 kelompok. Tiap kelompok ditugaskan untuk membaca novel Maryam dan menganalisis unsur intrinsik dan nilai moral novel tersebut sesuai dengan subtopik masing-masing kelompok dan dipresentasikan, sedangkan kelompok lain menanggapi. Penilaian dilaksanakan melalui pengerjaan soal uraian, observasi, dan portofolio.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai moral, dan skenario pembelajaran.

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.