PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK MA’ARIF 5 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa dengan metode pembelajaran di luar kelas; (2) peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa dengan metode pembelajaran di luar kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 1 SMK Ma’arif 5 Gombong tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis paragraf deskripsi, lembar observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian analisis data digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa dengan metode pembelajaran di luar kelas pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, (2) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa dilihat dari hasil pengamatan. Pada prasiklus minat siswa mencapai 92% dan aktivitas siswa hanya 48%. Pada siklus I minat siswa menjadi 96% dan aktivitas siswa menjadi 76%. Pada siklus II minat siswa menjadi 100% dan aktivitas siswa mencapai 92%, peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dapat dilihat dari nilai siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa 66,28, pada siklus I meningkat menjadi 73,24, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,24.
Kata kunci: Keterampilan Menulis Paragraf Deskripi dan Metode Pembelajaran di Luar Kelas
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.