PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MEDIA FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 25 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nurul Septiana Fatmawati

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis teks berita menggunakan media foto peristiwa pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo; (2) pengaruh pembelajaran menulis teks berita menggunakan media foto peristiwa terhadap sikap dan minat siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo; (3) peningkatan keterampilan menulis teks berita setelah diadakan pembelajaran menggunakan media foto peristiwa pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Dalam pengumpulan data ini digunakan teknik tes dan teknik nontes. Untuk analisis digunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) tahap prasiklus, pembelajaran menulis berita masih menggunakan metode ceramah, pada siklus I dan siklus II menggunakan media foto peristiwa antara lain: (a) siswa mengamati foto peristiwa yang telah dibagikan; (b) guru meminta siswa untuk menuliskan pokok-pokok penting yang terdapat dalam foto peristiwa, pokok-pokok penting tersebut merupakan pokok-pokok penting yang terdapat dalam berita adalah 5W 1H; (c) siswa mengembangkan pokok-pokok penting menjadi teks berita yang singkat, jelas, dan padat. (2) pengaruh media foto peristiwa terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis berita dapat dilihat dari hasil pengamatan. Pada prasiklus sikap siswa hanya mencapai 22,58% dan minat siswa hanya 22,58%. Pada siklus I sikap siswa meningkat menjadi 45,16% dan minat siswa menjadi 61,29%. Pada siklus II sikap siswa mencapai 90,32% dan minat siswa menjadi 87,09%. (3) peningkatan keterampilan menulis berita menggunakan media foto peristiwa terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 61,70, siklus I 71,29, dan siklus II 77,90.

 

Kata kunci: Keterampilan Menulis Teks Berita, Media Foto Peristiwa, Siswa SMP.

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.