NILAI MORAL TOKOH UTAMA NOVEL FAITH AND THE CITY KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Ngatiqoh Rahmayanti

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik dalam novel Faith and the City; (2) nilai moral dalam tokoh utama novel Faith and the City; (3) rencana pelakasanaan pembelajaran  unsur intrinsik dan nilai moral tokoh utama novel Faith and the City di kelas XII SMA. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur instrinsik dalam novel Faith and the City sebagai berikut: (a) tema mayor novel ini adalah perjuangan, sedangkan tema minor novel ini yaitu perbedaan pendapat, persahabatan, dan rating dan share; (b) tokoh utama novel ini, yakni Hanum: gigih, pandai, berbakti kepada suami, dan pencemburu; (c) alur novel ini adalah alur maju; (d) latar novel ini terdiri dari latar tempat (bandara JFK New York, apartemen 66th Street, Holly Room, balkon kantor GNTV, perpustakaan, dan kedai Turkish Halal Guy), latar waktu (pagi hari, siang hari, dan malam hari), dan latar sosial (kebiasaan, pandangan hidup tokoh, dan keyakinan); (e) sudut pandang novel ini adalah sudut pandang persona ketiga mahatahu; (f) amanat novel ini adalah berbaktilah kepada suami, (2) Nilai moral dalam novel Faith and the City Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan yang meliputi salat, bersyukur, dan berhijab; (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi berbakti kepada suami, tolong menolong, dan persahabatan; (c) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi jujur, pantang menyerah, sabar, kreatif, dan memiliki cita-cita; (d) hubungan manusia dengan alam sekitar yaitu menyukai taman, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Faith and the City di kelas XII SMA meliputi tahap awal, inti, dan akhir. Pada tahap awal pendidik mengondisikan peserta didik agar siap menerima pelajaran. Pada tahap inti pendidik menyuruh peserta didik untuk mendiskusikan unsur intrinsik dan nilai moral serta  menyampaikan hasil diskusinya. Pada tahap penutup Pendidik dan Peserta didik  merefleksikan materi pembelajaran. Pada tahap penilaian, pendidik menilai dari tiga aspek, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

 

Kata kunci : Novel, Nilai Moral, Rencana Pelakasanaan Pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.