PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) penerapan pembelajaran menggunakan media gambar berseri dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi analisis proses pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sapuran, (2) pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap proses pembelajaran keterampilan menulis eksposisi analisis proses pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sapuran, (3) peningkatan keterampilan hasil menulis eksposisi analisis proses siswa kelas X SMA Negeri 1 Sapuran setelah menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SOS SMA Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 25 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes berupa tes menulis eksposisi analisis proses, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, lembar jurnal siswa, lembar jurnal guru dan dokumentasi foto. Dari hasil penelitian, peningkatan hasil keterampilan menulis eksposisi pada siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 65,2. Pada siklus I terjadi peningkatan 9,16 dari siklus sebelumnya menjadi 74,32 terhadap nilai rata-rata siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan 4,44 dari siklus I menjadi 78,76 terhadap nilai rata-rata siswa. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 13,34.
Kata kunci: Keterampilan Menulis Eksposisi Analisis Proses, Media Gambar Berseri.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.