ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN PADA SURAT DINAS KELUAR DESA PURBOWANGI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015, RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS XII SMA, DAN

Desi Kusratnasari

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk kesalahan kebahasan apa sajakah yang terdapat pada “Surat Dinas Keluar Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Tahun 2015, (2) relevansi analisis kesalahan kebahasaan pada “Surat Dinas Keluar Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Tahun 2015” dengan pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas XII semester 1 SMA, dan (3) skenario pembelajaran menulis surat dinas dengan bahan pembelajaran analisis kesalahan kebahasaan pada “Surat Dinas Keluar Desa Purbowangi Kcamatan Buayan Kabupaten Kebumen Tahun 2015” pada siswa kelas XII semester 1 SMA. Objek penelitian ini adalah kesalahan kebahasaan, yaitu penyimpangan kaidah fonologis berupa ejaan, kaidah morfologis, kaidah leksikon, kaidah sintaktis, dan kaidah kewacanaan pada Surat Dinas Keluar Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 42 buah surat, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 buah surat. Dalam menganalisis data, metode yang digunakan adalah metode agih yang meliputi teknik lesap, teknik sisip, dan teknik ganti.Dalam penyajian analisis data, penulis menggunakan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) dalam Surat Dinas Keluar Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Tahun 2015 terdapat kesalahan EYD sebanyak 413 dari 564 (73 %), tidak terdapat kesalahan morfologis, kesalahan leksikon sebanyak 16 dari 564 (3 %), kesalahan sintaktis sebanyak 116 dari 564 (21 %), dan kesalahan  kewacanaan sebanyak 19 dari 564 (3 %); (2) penelitian ini relevan dengan kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yakni 4.2 menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku. Hasil analisis kesalahan kebahasaan pada Surat Dinas Keluar Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Tahun 2015 dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas XII SMA; (3) skenario pembelajaran bahasa disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Langkah-langkah pembelajaran analisis kesalahan kebahasaan yang digunakan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan penutup dengan mewajibkan siswa membuat surat undangan rapat OSIS. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atas pembelajaran.

 

Kata Kunci : Kesalahan Kebahasaan, Relevansi, dan Skenario Pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.