ANALISIS NILAI RELIGIUS TOKOH PEREMPUAN KUMPULAN CERPEN KETIKA MAS GAGAH PERGI KARYA HELVY TIANA ROSA DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Amalia Titis Amalia

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, (2) nilai religius (ekstrinsik) yang terkandung dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, dan (3) pembelajarannya melalui analisis nilai religius kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi.

Populasi penelitian ini terdiri dari empat belas cerpen dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah delapan cerpen, yakni 1)Ketika Mas Gagah Pergi, 2) Jalinan Kasih dar Gerbong Kereta Api, 3) Diary Adelia di Salsabila, 4)Rumondang; 5) Rapsodi September; 6) Selagi AdaKesempatan, 7) Mami, 8) Jilbab Pendekar karya Helvy Tiana Rosa. Sampel penelitian tersebut ditentukan menggunakan teknik pustaka, analisis ini dilakukan dengan metode analisis isi dan disajikan data dengan teknik informal untuk menyajikan hasil analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Unsur intrinsik dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, yaitu (a) temanya rangkaian perjalanan hidup (spiritual), (b) alur yang digunakan dalam kedelapan kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi yaitu menggunakan alur maju, (c) latar yang digunakan dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi adalah latar tempat dan waktu, (d) penggambaran karakter (penokohan) tokoh-tokoh dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi diungkapkan secara langsung atau analitik, (e) sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama dan orang kedua, (f) amanat yang digunakan dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi adalah kita sebagai muslimah sejati harus dapat mengisi kebaikan dalam hidup kita karena kita tidak tahu kapan kematian menjemput, menghargai orang lain, dan sebagai muslimah yang baik kita harus menjaga aurat karena itu adalah perintah dari Allah. (2) Nilai religius tokoh perempuan dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa mencakup tiga aspek, terdiri dari: a) hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri. Pembelajaran kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi di SMA sesuai dengan Standar Kompetensi 3 dan 4, dan Kompetensi Dasar nomor 3.1 dan 4.1. Dengan pendekatan Quantum Learningyang terdiri dari enam langkah pokok yang dapat disingkat TANDUR, yaitu Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan.

 

Kata Kunci: unsur intrinsik, nilai religius tokoh perempuan, pembelajarannya di

SMA.

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.