PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MENGGUNAKAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 25 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rochmawati -

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis berita menggunakan media alam sekitar pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016; (2) pengaruh penggunaan media alam sekitar terhadap minat dan aktivitas siswa dalam menulis berita pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016; (3) peningkatan keterampilan menulis berita menggunakan media alam sekitar pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Pelaksanaan pembelajaran menulis berita terdiri dari tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes berupa hasil menulis berita, dan teknik nontes berupa observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: langkah-langkah penerapan media alam sekitar dalam penulisan berita siswa antara lain: a) mengamati alam sekitar untuk menentukan topik berita; b) mengidentifikasi unsur-unsur berita; c) mengerjakan tes menulis berita; d) mempresentasikan hasil karyanya untuk mendapatkan komentar dari pendidik. Pengaruh penggunaan media alam sekitar terhadap minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis berita terdapat perubahan positif terhadap perilaku siswa dalam menulis berita. Presentase rata-rata minat belajar siswa tahap prasiklus sebesar 56,25, tahap siklus I meningkat menjadi 71, 85, dan pada siklus II sebesar 81,25. Pada aktivitas belajar pada prasiklus, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tertib hanya sebesar 18,75, pada siklus I meningkat menjadi 31,25, dan pada siklus II sebesar 96,87. Keterampilan siswa dalam menulis berita menggunakan media alam sekitar terjadi peningkatan, terlihat dari skor rata-rata prasiklus adalah 60,03 sedangkan pada siklus I sebesar 72,03. Skor pada akhir tindakan siklus II sebesar 74,15.

 

Kata kunci: keterampilan menulis, berita, dan media alam sekitar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.