KRITIK SOSIAL FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA BUYA HAMKA DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Ulfa Wijayanti

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur film dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck; (2) kritik sosial dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (3) keterkaitan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas XI SMA dengan materi struktur dan kritik sosial dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Objek penelitian ini adalah kritik sosial yang berhubungan dengan struktur film dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Data dalam penelitian ini berupa tuturan tokoh dan adegan dalam film. Pengumpulan data menggunakan metode simak yang diikuti dengan teknik catat. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan kartu data dan alat tulis. Analisis menggunakan teknik penyajian data secara informal. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mengunakan kurikulum 2013.Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) struktur film dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck berupa orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman; (2) kritik sosial film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck meliputi kemiskinan, adat istiadat, sikap sterotip masyarakat, kawin paksa, politik pencitraan, dan meterialisme. Kritik sosial terhadap kemiskinan tergambar dari kehidupan latar belakang sosial Zainuddin yang yatim piatu dan hidup bersama pengasuhnya yaitu mak Base. Adat istiadatnya terlihat pada adat suku Minangkabau. Sikap sterotip masyarakat tergambar jelas pada warga Minangkabau yang memandang rendah suku lain. Kawin paksa dilakukan pada Hayati yang harus menikah dengan Aziz. Politik pencitraan tergambar pada tokoh Aziz yang licik. Materialisme terlihat pada tokoh Hayati dan keluarganya yang melihat perkawinan harus didasarkan ada harta kekayaan semata; (3) keterkaitan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas XI SMA dengan materi kritik sosial film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang dikaitkan dengan pembelajaran teks ulasan film yang terdiri dari menginterpretasi makna teks ulasan film, mengolah catatan kepustakaan, catatan lapangan, dan hasil wawancara menjadi sebuah teks ulasan film, dan mengubah teks ulasan film/drama menjadi cerita pendek sesuai dengan struktur danĀ  kaidahnya.

Kata Kunci:Kritik Sosial, Keterkaitan Pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.